Review film taree zameen paar
Created BY :
Mohammad apriyansyah
46113320008
KATA PENGANTAR
Tidak ada orang pada masa kini yang
mengenal psikologi, bagaimanapun psikologi telah menyentuh semua bagian aspek
kehidupan termasuk dalam mengubah pandangan kita terhadap sekitar. Karena
psikologi mempengaruhi begitu banyak aspek kehidupan kita, penting juga kiranya
bagi mereka yang tidak bermaksud memperdalam diri dalam disiplin ilmu ini
sekedar mengetahui fakta-fakta dasarnya. Pelajaran psikologi dapat memberikan
pengertian yang lebih baik tentang sebab-sebab mengapa, misalnya, orang
berpikir dan bertindak seperti yang mereka lakukan, dan memberikan pandangan
untuk menilai perilaku dan reaksi yang akan anda lakukan sendiri.
Singkatnya, psikologi penting bagi
mereka yang dalam kehidupannya selalu berhubungan dan bersama orang lain.
Psikologi dibutuhkan atau dipelajari oleh mereka, yang dalam tugas dan
jabatannya akan bekerjasama dengan orang lain. Itulah inti kegunaan psikologi.
Gambaran singkat tentang makalah ini,
ialah membahas tentang pengamatan kami terhadap film taree zamer paar film ini
mengisahkan anak berkebutuhan khusus yang orang tua , guru dan orang di sekitar
nya kurang memahami keadaan yang di alami oleh anak berkebutuhan khusus.
Terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa
yang telah memberikan kami kekuatan dan kesehatan untuk dapat menyelesaikan
makalah ini dan terimakasih kepada Pak Fahrul Rozi, M.Psi yang telah menginstruksikan kami untuk
menyusun makalah ini yang membahas tentang pengamatan pandangan kami selama.
Akhirnya
kami mengucapkan terimakasih kepada semua yang terkait atas terbentuknya
makalah dengan pembahasan ini.
Bab I
Pendahuluan
A.
Latar
belakang masalah
Taar zameer paar film ini menceritakan
seorang anak bernama Ishaan Nandkishore Awasthi. Dia adalah seorang anak
berusia delapan tahun yang tidak menyukai sekolah. Setiap pelajaran dirasakan
sulit baginya dan ia terus-menerus gagal ujian. Guru dan teman sekelasnya
menjadikan Ishaan sebagai bahan penghinaan. Di sisi lain, Ishaan memunyai dunia
yang penuh keajaiban yaitu negeri ajaib penuh dengan warna dan binatang
animasi. Seni, meskipun tidak ada yang menyadari hal ini pada awalnya.
Kondisi di rumah, Ayahnya, Nandkishore
Awasthi, adalah seorang eksekutif sibuk yang sukses dan mengharapkan yang
terbaik dari anak-anaknya. Ibunya, Maya Awasthi, adalah seorang ibu rumah
tangga yang frustrasi oleh ketidakmampuannya untuk membantu Ishaan. Di sisi
lain, Kakak Ishaan’s Yohaan adalah seorang pelajar yang sukses. Setelah
mengetahui kondisi masalah Ishaan, orang tua Ishaan memutuskan bahwa anaknya
harus dikirim ke sekolah asrama.
B.
Rumusan
masalah
A. Jelaskan
kategori special need ishan ?
B. Jelaskan
parenting style ishan ?
C. Jelaskan
peranan sekolah dalam pendidikan anak
berkebutuhan khusus ?
D. Apa
efek tidak mengerti anak berkebutuhan khusus ?
E. Bagaimana
proses pembelajaran jika guru mengerti special need ?
F. Prilaku
apa yang muncul pada anak special need ?
Bab II
Pembahasan
A.
Kategori
special need Ishaan
Ishaan seorang anak kelas 3 SD berumur
9 tahun mengalami kesulitan membaca dan menulis, ishaan sulit mengenali huruf ini di buktikan pada buku tulis ishaan yang
tidak dapat di bace jelas, huruf yang tidak beraturan tata letak nya dan sulit
menyambungkan satu huruf untuk menjadi satu kata.
Sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada
seseorang yang disebabkan pada kesulitan melakukan aktivitas membaca dan
menulis disebut disleksia. Penderita disleksia secara fisik tidak terlihat
sebagai penderita. Penderita disleksia juga sulit menerima perintah secara
bersamaan seperti buka buku bahasa indonesia hal-34 paragraph 4, sulit
menggabungkan huruf menjadi kata.
Ishaan juga
menderita diskalkulia ishann tidak dapan mengerjakan soal hitungan yang
di berikan oleh guru nya, diskalkulia adalah istilah yang di
gunakan untuk menggambarkan ketidak mampuan belajar yang spesifik di bidang
matematika. Ini juga disebut kebutaan bilangan.
Ishaan juga menderita disgraphia ini diketahui dengan cara
peulisan ishaan yang tidak dapat lurus dengan garis dan ishaan tidak dapat
menulis huruf dengan baik.
B.
Parenting style Ishaan
Ishaan
Nandkishore Awasthi mempunyai kedua orang tua, ayah nya bernama Nandkishore
awasthi dan ibu nya bernama Maya Awasthi, ayah ishan bersikap otoriter terhadap
ishan, dia selalu menghendaki apa yang dia ingin kan tanpa persetujuan dari
ishan, dan selalu memperlakukan tindakan kasar jika ishaan melakukan kesalahan.
Karena ishaan
tidak kunjung ada perubahan ke arah lebih baik , maka ayah ishan memutuskan
untuk memindahkan ishaan ke sekolah berasramah. Dan ibu nya ishaan ( maya
awasthi ) bersikap demokratis dan karena iya dapat lebih mengerti ishaan tetapi
kadang sifat nya pun tegas terhadap ishan muncul ketika ayah ishaan bersikap
keras maka ibu ishaan pun akan terbawa oleh sikap suami nya tersebut.
C.
Peranan sekolah dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus
Peranan guru
sangat penting dalam memotivasi dan membimbing anak berkebutuhan khusus agar
menjadi anak-anak yang berhasil di kemudian hari, ishaan tidak mendapatkan
peranan guru yang baik dalam kegiatan belajar nya, guru guru disekolah ishaan
tidak mengerti tentang keadaan ishan, guru-guru di sekloah ishaan selalu
menghukum dan memarahi ishaan karena ishaan tidak dapat mengikuti pelajaran
dengan baik.
Gangguan yang dialami ishaan tidak bisa membaca dan menulis
membuat semua guru beranggapan ishaan sangat bodoh.
D.
Efek tidak mengerti anak berkebutuhan khusus
Anak
berkebutuhan khusus seharus nya memiliki perhatian lebih dari kedua orang tua,
guru dan orang orang disekitar nya. Ketidak tahuan kedua orang tua dan guru di
sekolah ishaan akan kondisi ishaan yang memiliki suatu gangguan membuat ishaan
semakin tertekan, guru di sekolah yang selalu menghukum ishaan, dan kedua orang
tua yang selalu memarahi ishaan membuat mental ishaan semakin jatuh.
Pada akhirnya
kedua orang tua ishan memutuskan memindahkan sekolah ishaan ke sekolah
berasrama, justru membuat ishaan semakin terpuruk dan deperesi, di sekolah
itupun terjadi hal yang sama, hukuman demi hukuman di terima ishaan karena
tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik, guru yang tidak mengerti sama
sekali tentang keadaan ishaan membuat ishaan semakin terpuruk dan menjadi anak
yang pendiam.
.
Anak
berkebutuhan khusus adalah anak-anak yang memiliki kekurangan yang ada di dalam
diri mereka dan memerlukan perhatian, pembelajaran, dan bimbingan khusus dari
orang-orang terdekat mereka. Anak berkebutuhan khusus juga memiliki kelebihan
disamping kekurangan yang mereka miliki, orang tua dan guru pembimbing
seharusnya lebih mengerti tentang anak berkebutuhan khusus tentang cara
pendidikan nya,pembelajaran nya dan bibingan nya. Ketidak tahuan tentang anak
berkebutuhan khusus akan memngakibat kan mental dari anak tersebut jatuh, depresi,
tidak ada nya kepercayaan diri. Disinilah peran keluarga dan guru untuk
membangun mental dan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus, agar mereka
dapat menjalankan kehidupan mereka selayak nya anak anak normal lain nya.
E.
Proses belajar jika guru mengerti anak berkebutuhan khusus
Pada pelajaran
sebelum nya ihsaan selalu mendapat hukuman dari guru di sekolah nya karena
ishaan tidak dapat belajar dengan baik seperti teman teman nya, karena hukuman
prilaku guru di sekolah tersebut yang membuat ishaan menjadi depresi, kehilangan
kepercaan diri dan semangat belajar nya, tidak ada nya dukungan dari keluarga
semakin membuat ishaan terpuruk.
Ishaan kembali
mendapat kepercayaan diri setelah datang seorang guru yang bernama raam shankar
nikumb, raam shankar nikumb mengetahui keadaan ishaan yang mengalami kesulitan
dalam belajar karena manderita dysleksia, raam shankar nikumb berusaha membuat
kepercayaan diri ishaan kembali.
Guru yang
mengerti keadaan anak berkebutuhan khusus akan membuat proses perkembangan anak
tersebut menajadi baik dan bukan tidak mungkin akan menjadi anak-anak yang
cerdas, jika tidak mengerti keadaan tersebut, tentu nya kan membuat anak yang
memiliki kebutuhan khusus menjadi depresi dan kehilangan kepercayaan diri.
Proses pembelajaran anak anak berkebutuhan khusus memang memerlukan strategi
khusus agar dapat membantu mereka mengembangkan cara berfikir dan belajar,
seorang guru yang baik tentu dapat melakukan srtategi yang baik pula, seperti
yang di lakukan raam shankar nikumb dengan mengubah pola belajar ishaan dan
cara pembelajaran nya.
F.
Prilaku yang muncul pada anak berkebutuhan khusus
Anak
berkebutuhan khusus terkadang memang memiliki tingkah laku/prilaku yang berbeda
dalam kehidupan nya, dalam film taree zameer paar ishaan pada awal nya ishaan
sering menangkap ikan ikan kecil di dekat rumah nya dan mengumpulkan nya dalam
suatu tempat, ishaan juga sering mengumpulkan barang-barang yang ia temui di
jalan, selain itu ishaan juga memiliki kemampuan menggambar dan melukis yang
sangat bagus.
Anak berkeutuhan
khusus tidak selama nya berprilaku aneh, di balik kekurangan nya pasti ada
kelebihan seperti anak normal lain nya, setiap anak memilik kemampuan dan
kelebihan yang berbeda. Penjelasan teori attatchment bowlby atau teori
kemelekatan :
1.
Seorang anak dilahirkan
akan selalu untuk melekat pada orang tua nya /orang yang mengasuh nya.
2.
Seorang anak akan dapat
mengatur prilaku dan menjaga hubungan kelekatan dengan orang yang dekat
dengannya yang merupakan kunci kemampuan bertahan hidup nya secara fisik dan
psikologis.
3.
Perkembangan sosial
sangat berhubungan dengan perkembangan kognitif nya
4.
Seorang anak akan
memelihara hubungan dengan orang lain jika orang tersebut banyak menunjukan
fungsi nya yang bertanggung jawab pada diri anak itu.
5.
Jika orang tua tidak
mampu menjalankan fungsi nya dalam memenuhi kebutuhan anak , maka anak akan
mengalami hambatan dalam perkembangan emosi dan kemampuan berpikirnya.
6.
Prilaku anak seperti
tersenyum , memanggil , menangis, mengelayut , menunjukan prilaku kelekatan
pada orang yang ada dihati anak.
DR. Nicola
brunswick dalam jurnal learning and individual differences mengatakan “ banyak
penderita disleksia lebih suka menyelesaikan masalah dengan cara berpikir dan
bertindak dari pada berbicara. Hal ini dapat membantu mereka mengembangkan
kemampuan yang diperlukan dalam dunia artistik dan kreatif “.
Bab III
Kesimpulan
Setiap anak
memiliki kelebihan dan kekurangan masing
masing, orang tua, guru disekolah harus memahami tentang anak berkebutuhan
khusus. Jika tidak mengerti mendidik anak berkebutuhan khusus mereka akan
menjadi depresi dan pasti nya akan gagal dalam menjalan kan kehidupan sehari
hari nya. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang harus mendapatkan perhatian
lebih dari orang tua dan guru.
Dalam hal
pendidikan anak berkebutuhan khusus guru di sekolah memerlukan strategi khusus
dalam pembelajaran nya, seperti cerita guru seni raam shankar nikumb yang
mempunyai strategi yang baik dalam mendidik ishaan. Guru yang tidak mengerti
cara pembelajaran anak berkebutuhan khusu akan membuat anak tersebut gagal
dalam kegiatan pembelajaran.
Setiap anak
adalah permata yang akan bersinar jika di tangani dengan baik, mereka mempunyai
kelebihan dan kekurangan masing masing, gali lah kelebihan setiap anak dengan
pendidikan dirumah ataupun disekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar