Blogger Widgets Mohammad Apriyansyah

murid

Sabtu, 12 Juli 2014



Review film taree zameen paar




Created BY :
Mohammad apriyansyah
46113320008


KATA PENGANTAR
        Tidak ada orang pada masa kini yang mengenal psikologi, bagaimanapun psikologi telah menyentuh semua bagian aspek kehidupan termasuk dalam mengubah pandangan kita terhadap sekitar. Karena psikologi mempengaruhi begitu banyak aspek kehidupan kita, penting juga kiranya bagi mereka yang tidak bermaksud memperdalam diri dalam disiplin ilmu ini sekedar mengetahui fakta-fakta dasarnya. Pelajaran psikologi dapat memberikan pengertian yang lebih baik tentang sebab-sebab mengapa, misalnya, orang berpikir dan bertindak seperti yang mereka lakukan, dan memberikan pandangan untuk menilai perilaku dan reaksi yang akan anda lakukan sendiri.
       Singkatnya, psikologi penting bagi mereka yang dalam kehidupannya selalu berhubungan dan bersama orang lain. Psikologi dibutuhkan atau dipelajari oleh mereka, yang dalam tugas dan jabatannya akan bekerjasama dengan orang lain. Itulah inti kegunaan psikologi.
        Gambaran singkat tentang makalah ini, ialah membahas tentang pengamatan kami terhadap film taree zamer paar film ini mengisahkan anak berkebutuhan khusus yang orang tua , guru dan orang di sekitar nya kurang memahami keadaan yang di alami oleh anak berkebutuhan khusus.
      Terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kami kekuatan dan kesehatan untuk dapat menyelesaikan makalah ini dan terimakasih kepada Pak Fahrul Rozi, M.Psi  yang telah menginstruksikan kami untuk menyusun makalah ini yang membahas tentang pengamatan pandangan kami selama.
Akhirnya kami mengucapkan terimakasih kepada semua yang terkait atas terbentuknya makalah dengan pembahasan ini.



Bab I
Pendahuluan

A.   Latar belakang masalah
        Taar zameer paar film ini menceritakan seorang anak bernama Ishaan Nandkishore Awasthi. Dia adalah seorang anak berusia delapan tahun yang tidak menyukai sekolah. Setiap pelajaran dirasakan sulit baginya dan ia terus-menerus gagal ujian. Guru dan teman sekelasnya menjadikan Ishaan sebagai bahan penghinaan. Di sisi lain, Ishaan memunyai dunia yang penuh keajaiban yaitu negeri ajaib penuh dengan warna dan binatang animasi. Seni, meskipun tidak ada yang menyadari hal ini pada awalnya.
         Kondisi di rumah, Ayahnya, Nandkishore Awasthi, adalah seorang eksekutif sibuk yang sukses dan mengharapkan yang terbaik dari anak-anaknya. Ibunya, Maya Awasthi, adalah seorang ibu rumah tangga yang frustrasi oleh ketidakmampuannya untuk membantu Ishaan. Di sisi lain, Kakak Ishaan’s Yohaan adalah seorang pelajar yang sukses. Setelah mengetahui kondisi masalah Ishaan, orang tua Ishaan memutuskan bahwa anaknya harus dikirim ke sekolah asrama.
B.   Rumusan masalah
A.   Jelaskan kategori special need ishan ?
B.   Jelaskan parenting style ishan ?
C.   Jelaskan peranan sekolah dalam pendidikan anak  berkebutuhan khusus ?
D.   Apa efek tidak mengerti anak berkebutuhan khusus ?
E.    Bagaimana proses pembelajaran jika guru mengerti special need ?
F.    Prilaku apa yang muncul pada anak special need ?
Bab II
Pembahasan
A.   Kategori special need Ishaan
        Ishaan seorang anak kelas 3 SD berumur 9 tahun mengalami kesulitan membaca dan menulis, ishaan sulit mengenali huruf ini di buktikan pada buku tulis ishaan yang tidak dapat di bace jelas, huruf yang tidak beraturan tata letak nya dan sulit menyambungkan satu huruf untuk menjadi satu kata.
      Sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan pada kesulitan melakukan aktivitas membaca dan menulis disebut disleksia. Penderita disleksia secara fisik tidak terlihat sebagai penderita. Penderita disleksia juga sulit menerima perintah secara bersamaan seperti buka buku bahasa indonesia hal-34 paragraph 4, sulit menggabungkan huruf menjadi kata.
        Ishaan juga menderita diskalkulia ishann tidak dapan mengerjakan soal hitungan yang di berikan oleh guru nya, diskalkulia adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan ketidak mampuan belajar yang spesifik di bidang matematika. Ini juga disebut kebutaan bilangan.
Ishaan juga menderita disgraphia ini diketahui dengan cara peulisan ishaan yang tidak dapat lurus dengan garis dan ishaan tidak dapat menulis huruf dengan baik.


B.   Parenting style Ishaan
       Ishaan Nandkishore Awasthi mempunyai kedua orang tua, ayah nya bernama Nandkishore awasthi dan ibu nya bernama Maya Awasthi, ayah ishan bersikap otoriter terhadap ishan, dia selalu menghendaki apa yang dia ingin kan tanpa persetujuan dari ishan, dan selalu memperlakukan tindakan kasar jika ishaan melakukan kesalahan.










        Karena ishaan tidak kunjung ada perubahan ke arah lebih baik , maka ayah ishan memutuskan untuk memindahkan ishaan ke sekolah berasramah. Dan ibu nya ishaan ( maya awasthi ) bersikap demokratis dan karena iya dapat lebih mengerti ishaan tetapi kadang sifat nya pun tegas terhadap ishan muncul ketika ayah ishaan bersikap keras maka ibu ishaan pun akan terbawa oleh sikap suami nya tersebut.
C.   Peranan sekolah dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus
       Peranan guru sangat penting dalam memotivasi dan membimbing anak berkebutuhan khusus agar menjadi anak-anak yang berhasil di kemudian hari, ishaan tidak mendapatkan peranan guru yang baik dalam kegiatan belajar nya, guru guru disekolah ishaan tidak mengerti tentang keadaan ishan, guru-guru di sekloah ishaan selalu menghukum dan memarahi ishaan karena ishaan tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik.
Gangguan yang dialami ishaan tidak bisa membaca dan menulis membuat semua guru beranggapan ishaan sangat bodoh. 

D.   Efek tidak mengerti anak berkebutuhan khusus
       Anak berkebutuhan khusus seharus nya memiliki perhatian lebih dari kedua orang tua, guru dan orang orang disekitar nya. Ketidak tahuan kedua orang tua dan guru di sekolah ishaan akan kondisi ishaan yang memiliki suatu gangguan membuat ishaan semakin tertekan, guru di sekolah yang selalu menghukum ishaan, dan kedua orang tua yang selalu memarahi ishaan membuat mental ishaan semakin jatuh.
        Pada akhirnya kedua orang tua ishan memutuskan memindahkan sekolah ishaan ke sekolah berasrama, justru membuat ishaan semakin terpuruk dan deperesi, di sekolah itupun terjadi hal yang sama, hukuman demi hukuman di terima ishaan karena tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik, guru yang tidak mengerti sama sekali tentang keadaan ishaan membuat ishaan semakin terpuruk dan menjadi anak yang pendiam.
.
        Anak berkebutuhan khusus adalah anak-anak yang memiliki kekurangan yang ada di dalam diri mereka dan memerlukan perhatian, pembelajaran, dan bimbingan khusus dari orang-orang terdekat mereka. Anak berkebutuhan khusus juga memiliki kelebihan disamping kekurangan yang mereka miliki, orang tua dan guru pembimbing seharusnya lebih mengerti tentang anak berkebutuhan khusus tentang cara pendidikan nya,pembelajaran nya dan bibingan nya. Ketidak tahuan tentang anak berkebutuhan khusus akan memngakibat kan mental dari anak tersebut jatuh, depresi, tidak ada nya kepercayaan diri. Disinilah peran keluarga dan guru untuk membangun mental dan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus, agar mereka dapat menjalankan kehidupan mereka selayak nya anak anak normal lain nya.

E.   Proses belajar jika guru mengerti anak berkebutuhan khusus
       Pada pelajaran sebelum nya ihsaan selalu mendapat hukuman dari guru di sekolah nya karena ishaan tidak dapat belajar dengan baik seperti teman teman nya, karena hukuman prilaku guru di sekolah tersebut yang membuat ishaan menjadi depresi, kehilangan kepercaan diri dan semangat belajar nya, tidak ada nya dukungan dari keluarga semakin membuat ishaan terpuruk.
         Ishaan kembali mendapat kepercayaan diri setelah datang seorang guru yang bernama raam shankar nikumb, raam shankar nikumb mengetahui keadaan ishaan yang mengalami kesulitan dalam belajar karena manderita dysleksia, raam shankar nikumb berusaha membuat kepercayaan diri ishaan kembali.
       Guru yang mengerti keadaan anak berkebutuhan khusus akan membuat proses perkembangan anak tersebut menajadi baik dan bukan tidak mungkin akan menjadi anak-anak yang cerdas, jika tidak mengerti keadaan tersebut, tentu nya kan membuat anak yang memiliki kebutuhan khusus menjadi depresi dan kehilangan kepercayaan diri. Proses pembelajaran anak anak berkebutuhan khusus memang memerlukan strategi khusus agar dapat membantu mereka mengembangkan cara berfikir dan belajar, seorang guru yang baik tentu dapat melakukan srtategi yang baik pula, seperti yang di lakukan raam shankar nikumb dengan mengubah pola belajar ishaan dan cara pembelajaran nya.


F.    Prilaku yang muncul pada anak berkebutuhan khusus
        Anak berkebutuhan khusus terkadang memang memiliki tingkah laku/prilaku yang berbeda dalam kehidupan nya, dalam film taree zameer paar ishaan pada awal nya ishaan sering menangkap ikan ikan kecil di dekat rumah nya dan mengumpulkan nya dalam suatu tempat, ishaan juga sering mengumpulkan barang-barang yang ia temui di jalan, selain itu ishaan juga memiliki kemampuan menggambar dan melukis yang sangat bagus.
       Anak berkeutuhan khusus tidak selama nya berprilaku aneh, di balik kekurangan nya pasti ada kelebihan seperti anak normal lain nya, setiap anak memilik kemampuan dan kelebihan yang berbeda. Penjelasan teori attatchment bowlby atau teori kemelekatan :
1.     Seorang anak dilahirkan akan selalu untuk melekat pada orang tua nya /orang yang mengasuh nya.
2.     Seorang anak akan dapat mengatur prilaku dan menjaga hubungan kelekatan dengan orang yang dekat dengannya yang merupakan kunci kemampuan bertahan hidup nya secara fisik dan psikologis.
3.     Perkembangan sosial sangat berhubungan dengan perkembangan kognitif nya
4.     Seorang anak akan memelihara hubungan dengan orang lain jika orang tersebut banyak menunjukan fungsi nya yang bertanggung jawab pada diri anak itu.
5.     Jika orang tua tidak mampu menjalankan fungsi nya dalam memenuhi kebutuhan anak , maka anak akan mengalami hambatan dalam perkembangan emosi dan kemampuan berpikirnya.
6.     Prilaku anak seperti tersenyum , memanggil , menangis, mengelayut , menunjukan prilaku kelekatan pada orang yang ada dihati anak.
       DR. Nicola brunswick dalam jurnal learning and individual differences mengatakan “ banyak penderita disleksia lebih suka menyelesaikan masalah dengan cara berpikir dan bertindak dari pada berbicara. Hal ini dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan yang diperlukan dalam dunia artistik dan kreatif “.

   




Bab III
Kesimpulan
       Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan  masing masing, orang tua, guru disekolah harus memahami tentang anak berkebutuhan khusus. Jika tidak mengerti mendidik anak berkebutuhan khusus mereka akan menjadi depresi dan pasti nya akan gagal dalam menjalan kan kehidupan sehari hari nya. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang harus mendapatkan perhatian lebih dari orang tua dan guru. 

        Dalam hal pendidikan anak berkebutuhan khusus guru di sekolah memerlukan strategi khusus dalam pembelajaran nya, seperti cerita guru seni raam shankar nikumb yang mempunyai strategi yang baik dalam mendidik ishaan. Guru yang tidak mengerti cara pembelajaran anak berkebutuhan khusu akan membuat anak tersebut gagal dalam kegiatan pembelajaran.
        Setiap anak adalah permata yang akan bersinar jika di tangani dengan baik, mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing, gali lah kelebihan setiap anak dengan pendidikan dirumah ataupun disekolah. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar